Saturday 7 March 2015

Tool Untuk Membuat Partisi Hardisk

tool buat partisi hardisk linux
Gambar : GParted.org
Gparted adalah tool untuk membuat partisi hardisk yang bisa digunakan untuk pengguna Windows maupun Linux. Kalau Sobat pengguna sistem operasi windows mengenal lebih mengenal software partition magic sebagai software alternatif bawaan windows. 

Dengan menggunakan GParted, sobat dapat buat partisi hardisk, merubah besaran partisi, copy, dan menambahkan partisi tanpa kehilangan data. Bagi pengguna Linux ada GParted yang memiliki kemampuan dan fasilitas sama partition magic untuk Linux.

Diantara kemampuan yang dimiliki GParted adalah menambah atau mengurangi partisi pada Drive C untuk windows, membuat partisi baru untuk digunakan sebagai tempat menyimpan sistem operasi baru seperti windows dual booting dengan Linux dan penyelamatan terhadap percobaan partisi hardisk.

GParted dapat digunakan bagi pengguna sistem operasi Linux, Windows maupun Mac OS X dengan boot melalui media yang ada software GParted. Minimal RAM 256 MB yang dibutuhkan untuk menggunakan GParted agar semua fitur GParted bisa kalian gunakan. Lalu apa saja fitur GParted partition editor ?

Fitur-Fitur Software GParted Free Partition Editor adalah :
  1. Membuat tabel partisi hardisk seperti msdos atau gpt

  2. Membuat, memindahkan, menyalin, mengubah ukuran, cek hardisk, memberi label hardisk, mengatur UUID baru, dan menghapus partisi hardisk.

  3. Mengaktifkan dan menonaktifkan partition flags seperti boot.

  4. Menyelaraskan partisi untuk Mebibita (MiB) atau traditional cylinder boundaries.

  5. Menyelamatkan dari percobaan partisi yang hilang

  6. Software GParted juga berjalan pada berbagai jenis penyimpanan hardisk seperti jenis hardisk SATA, IDE dan SCSI

  7. Perangkat flash memori seperti USB dan Solid State Drives (SSD's)

  8. GParted juga berjalan baik pada perangkat RAID, motherboard BIOS RAID dan perangkat lunak Linux RAID
Bagi pengguna sistem operasi linux semoga pembahasan GParted tool untuk membuat partisi hardisk. Lo dimana saya bisa mendownload tool untuk partisi gratis GParted tersebut ? Sobat bisa download tool GParted partition editor langsung dari situsnya di : www.gparted.org

No comments:

Post a Comment