Tuesday 17 March 2015

Aplikasi XAMPP Untuk Linux

Gambar : Sourceforge.net
Kebayang ga Sobat lamanya proses untuk menginstall Apache, MySql, PHP, dan Perl Kalau harus menginstall aplikasi LAMP tersebut satu persatu di sistem operasi Linux yang kita miliki ?

Apalagi kalau menginstallnya secara mandiri, kemudian mengaktifkan satu per satu baru, baru kita menggunakannya untuk menjalankan CMS yang ingin kita pelajari. Atau bagi Sobat yang memiliki proyek website baru, tentu akan menguras bandwidth apabila kita akan menginstall langsung pada hosting secara online.

Akan lebih cepat develop website/blog apabila bisa di lakukan di localhost artinya kita menggunakan komputer untuk menjadi server local sebelum di upload ke server hosting. Adakah software untuk membangun website di komputer tanpa jaringan internet ?

Ya Sob, kamu dapat membangun blog di komputer tanpa jaringan internet. Apabila sobat menggunakan sistem operasi Linux, Sobat bisa menggunakan aplikasi XAMPP untuk Linux agar bisa membuat blog tanpa tersambung ke Internet. Apa itu aplikasi XAMPP ?

XAMPP adalah software untuk membangun website / blog pada jaringan localhost komputer yang terdiri dari Apache http server, Database MySql, Bahasa pemrograman PHP dan Perl yang berada dalam satu paket aplikasi XAMPP.

Software XAMPP didirikan oleh Kai 'Oswald' Seidler dan Kay Vogelgesang. Oswald adalah lulusan Universitas Teknologi Berlin dengan gelar Sarjana Diplom-Informatiker (setara Master ilmu komputer). Sedang Kay Vogelgesang adalah seorang freelance system engineer dan penulis Apache, MySQL dan XAMPP.

Dimana download XAMPP untuk Linux ? Bagi sobat yang ingin download aplikasi XAMPP silahkan mengunjungi : http://sourceforge.net/projects/xampp/

No comments:

Post a Comment