Wednesday 4 March 2015

Cara Install Screenshot Software Shutter

Setelah sebelumnya penulis membahas tentang cara mengambil gambar layar laptop dengan software Shutter. Pada kesempatan ini penulis akan membahas cara install software screenshot Shutter pada Linux Ubuntu.

Untuk menginstall software Shutter apabila sobat sekalian menggunakan Software center ubuntu bisa langsung menginstall lewat software center ubuntu. Demikian juga bagi pengguna Linux turunan dari Ubuntu bisa mencoba mencari pada software center Linux kalian.


Apabila kalian menggunakan sistem operasi Linux Mint yang sebagaimana diketahui bahwa linux mint merupakan turunan dari Ubuntu bisa install software Shutter langsung dari software manager Linux Mint.

Versi terbaru screenshot Shutter yang ada pada software manager Linux Mint adalah versi 0.90.1-0ubuntu1.1. Untuk menginstall screenshot software shutter kalian harus mendownload file sebesar 4MB dan menyiapkan ruang kosong sebesar 26MB minimal.

Apabila sobat download software gratis untuk Linux lebih senang install software screenshot Shutter lewat terminal berikut cara install aplikasi capture Shutter tersebut :
  1. Buka Terminal Ubuntu/Linux Mint
  2. Ketikkan perintah berikut : 'sudo ppa add-apt-repository: shutter / ppa'
  3. Memberitahu ke sistem linux tentang PPA yang baru saja Sobat tambahkan dengan perintah : 'sudo apt-get update'
  4. Saatnya untuk menginstall software screenshot Shutter ke dalam Linux. Lakukan dengan mengetikkan perintah : 'sudo apt-get install shutter'
  5. Tunggu hingga proses instalasi software linux selesai
Tulislah pada perintah yang ditebalkan pada langkah-langkah install software screenshot shutter lewat terminal diatas.

No comments:

Post a Comment