Monday 2 March 2015

Cara Menjalankan Linux Dari Flashdisk

Banyak jalan menuju roma, begitu juga dengan cara menjalankan sistem operasi Linux. Linux dapat diinstall secara permanen di Hard Disk, CD dan bisa juga menjalankan linux bootable yang artinya kita menginstall sistem operasi Linux pada Flash Disk yang kita miliki sehingga dapat dibuka dimana saja ketika kita ingin menjalankannya Sobat.

Yang benar saja, OS yang saya pakai harus diinstal di komputer dulu baru bisa dipakai. Enak juga tuh kalau bisa menjalankan Linux lewat Flashdisk sehingga tidak mempengaruhi sistem operasi di komputer. Lalu bagaimana cara menjalankan Linux dari Flashdisk ?


Pada kesempatan ini penulis akan membagikan cara menjalankan Linux lewat USB baik bagi yang menjalankan Sistem Operasi Windows maupun yang sudah menjalankan Linux sebagai Sistem Operasi di Komputernya.

Sebelum menjalankan linux dari Flashdisk, penulis pastikan bahwa pembaca sekalian telah memiliki file .iso Linux dan Tool untuk menginstall Linux tersebut. Banyak aplikasi untuk menginstall Linux dari Flashdisk. Pada contoh berikut penulis menggunakan tool Unetbootin untuk menginstall linux di USB.

Oke sob apabila kalian telah memiliki file linux .iso dan Unetbootin mari kita menuju ke bagian cara menginstall Linux di Flashdisk.

Bagi sobat yang menggunakan Windows dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menjalankan Linux dari Flashdisk :

  •  Klik ganda (Double Click) file UNetbootin executable, maka akan mucul layar baru
  • 1. Klik Diskimage
  • 2. Klik browse untuk memilih file linux .iso
  • 3. Memilih Flashdisk yang akan digunakan untuk menjalankan Linux
  • 4. Klik ok dan proses pembuatan USB linux bootable pun berjalan. Tunggu sampai proses selesai. Untuk lebih jelasnya lihatlah gambar berikut :
  • Setelah proses pembuatan USB linux bootable selesai keluar jendelan baru. Klik Reboot. Sebelum memilih Reboot pastikan bahwa pekerjaan kalian sudah disimpan karena komputer akan restart.
  • Setelah komputer merestart masuk ke BIOS/Setup dan pilih prioritas bootingnya dari Flashdisk, agar linux yang dijalankan komputer sebagai sistem operasi utama.
  • Itulah tadi sob cara menjalankan Linux dari Flashdisk di Windows. Pada langkah selanjutnya akan dibahas cara menjalankan Linux dari USB di Linux Operating System.
Cara Menjalankan Linux Dari Flashdisk di Linux
Oke sob cara menjalankan Linux dari Flash disk di Linux agak berbeda dari menjalankan Linux dari Windos diatas maka apabila hendak menjalankan Linux dari USB ikutilah langkah-langkah berikut : 

Karena menggunakan tool bootable UNetbootin, maka langkah pertama kita akan menginstall UNetbootin di Linux terlebih dahulu. Ikutilah langkah berikut untuk menginstall UNetbootin di Linux
  1. Buka Terminal Linux (Applications->Accessories->terminal
  2. Masuk sebagai user root
  3. Ketik wget unetbootin.source.net/unetbootin-linux-latest
  4. Ketik chmod +x ./unetbootin-linux
  5. Ketik sudo apt-get install p7zip-full
  6. Ketik sudo ./unetbootin-linux
  7. (Kalian juga bisa meng-klik dua kali file unetbootin-linux pada langkah untuk menjalankan software UNetbootin di Linux)
  8. Selesai sob proses instalasi software UNetbootin di Linux sekarang kita akan membuat USB Linux Portable. Bagaimana cara menjalankan UNetbootin di Linux ?
  9. Masukkan Flashdisk yang akan digunakan untuk menjalankan Linux
  10. Ikuti langkah ke-6 yaitu untuk membuka jendela UNetbootin Linux
  11. Ikuti sebagaimana langkah membuat Linux Bootable lewat flashdisk di Windows
Oke sob itulah tadi cara menjalankan Linux dari Flashdisk baik untuk Windows maupun Linux

Sumber artikel dan gambar : pendrivelinux.com

No comments:

Post a Comment