Saturday 7 March 2015

Cara Membuat Notasi Musik Gratis

cara membuat notasi musik gratis
Gambar : musescore.org
Bagaimana cara membuat notasi musik ? apakah ada software notasi musik gratis untuk Linux ? Apakah sobat pernah mendengar software Finale/Sibelius ? kalau sobat sudah pernah mengetahui tentang Finale/Sibelius tentu sudah tidak begitu asing dengan software notasi musik.

Saya kan baru mengenal notasi musik dan saya belum berpengalaman munggunakan software notasi musik! Tenang sob kalian bisa belajar lewat tutorial notasi musik gratis kok karena pada situsnya terdapat tutorial membuat notasi musik. Jadi jangan berkecil hati yaa. Apa software notasi musik gratis untuk Linux tersebut ?

Software MuseScore adalah software untuk membuat notasi musik tanpa batas yang gratis dan open source. Selain berjalan pada sistem operasi Linux, Aplikasi MuseScore juga berjalan pada sistem operasi Windows dan Mac OS. MuseScore juga menyediakan tool untuk meningkatkat kualitas hasil karya notasi musik kalian.

Membuat notasi musik dengan editor WYSIWYG sehingga apa yang sobat lihat begitu pula hasil notasi musik yang kalian ciptakan, mendengarkan dan memutar notasi yang kalian buat di komputer, mencetak notasi musik, bekerja sesuai yang sobat inginkan. Apa saja fitur yang ada pada software notasi musik MuseScore ? Berikut gambaran singkat fitur-fitur software notasi musik MuseScore.

Fitur Software Notasi Musik MuseScore
  1. Membuat panjang skor notasi musik sepanjang yang kalian mau
  2. Jumlah staves tak terbatas
  3. Memungkinkan membuat empat macam suara pada saat bersamaan
  4. Terdapat template skor
  5. Extraction dan Transposition otomatis
  6. Mengulang termasuk dalam segnos, codas
  7. Dinamis dan mendukung fitur playback
  8. Membuat tanda teks
  9. Lirik
  10. Simbol akord
  11. Mixer instrument dan efek
  12. Notasi perkusi
  13. Notasi Jazz
Kalian dapat menambah kemampuas software notasi musik MuseScore dengan menginstall plugin dari situs musescore.org. Aplikasi musescore juga mendukung impor dan ekspor MIDI dan file MusicXML.

Selain itu bagi kalian yang telah menggunakan software notasi musik sebelumnya seperti Capella, kalian dapat mengimpornya ke software MuseScore. Software MuseScore juga bisa mengekspor notasi musik ke format PDF, PNG dan berbagai format gambar lainnya.

Bagi sobat yang mencari tutorial MuseScore dan download software notasi musik MuseScore gratis lewat situs resminya di : www.musescore.org

No comments:

Post a Comment