Tuesday 10 March 2015

Cara menjalankan Software Windows Di Linux

Gambar : Winehq.org
Apakah mungkin menggunakan software windows di Linux ? Tenang sob kalau kamu masih ingin menggunakan software-software yang khusus dibuat untuk Windows dan tidak ada versi Linux-nya kalian tetap bisa menggunakan software windows di Linux dengan aplikasi ini sob.

Apa nama program untuk menggunakan software windows di Linux ? Program untuk menjalankan software di windows tersebut adalah Wine. Masak menjalankan software windows dengan Anggur ? Tenang sob ini bukan Wine (anggur) Ini nama aplikasi untuk menjalankan software windows di Ubuntu Linux dan sistem operasi yang lain.

Program Wine merupakan singkatan dari "Wine is Not an Emulator". Wine adalah sebuah compatibility layer yang memungkinkan untuk menjalankan aplikasi windows untuk digunakan pada sistem operasi yang lain seperti Linux, Mac OS X, dan BSD.

Software Wine mulai dikembangkan pada Tahun 1993 dibawah koordinasi Bob Amstadt untuk mendukung program Windows 3.1 di Linux. Tidak lama kemudian pengembangan aplikasi Wine diserahkan ke Alexandre Julliard yang berhasil mengaplikasikan tujuan Wine ketika itu.

Setelah bertahun-tahun sebagai aplikasi API windows, aplikasi Wine berevolusi menjadi software yang kompatibel dengan hardware dan perangkat lunak mutakhir. Wine pun menyesuaikan diri untuk mendukung teknologi terkini dan terus mengembangkan porting ke OS lian, membuat Wine lebih stabil dan memberikan pengalaman mengesankan bagi pengguna.

Setelah berambisi selama 15 Tahun untuk mewujudkan tujuan menjalankan program windows di Linux dan sistem operasi yang lain, akhirnya pada Tahun 2008 dirilis Software Wine versi 1.0. Dan pengembangan aplikasi Wine terus dilanjutkan hingga hari ini dan Jutaan orang pun telah merasakan manfaat software Wine salah satunya penulis sendiri. Apa saja fitur program Wine ? Berikut diantara fitur-fitur software Wine yang bisa sobat manfaatkan.

Fitur-Fitur Software Wine
  1. Menjalankan Windows 9x/NT/2000/XP/Vista/windows 7/Windows 8, Program DOS, dan Libraries
  2. Dirancang untuk POSIX yang kompatibel dengan sistem sistem operasi yang lain seperti Linux Mint, Ubuntu, FreeBSD
  3. Menggunakan grafis X11 yang memungkinkan sobat meremote tampilan untuk setiap terminal
  4. Mendukung DirectX untuk bermain game
  5. Mendukung untuk OpenGL
  6. Mencetak melalui PostScript driver
  7. Mendukung Enhanced Meta File (EMF) dan Windows Meta File (WMF) driver
Itu merupakan sedikit fitur dari software wine untuk menjalankan program windows di Linux . Bagi sobat yang ingin mengetahui lebih banyak tentang software Wine dapat berkunjung ke situs Wien pada alamat berikut : www.winehq.org


No comments:

Post a Comment