Sunday 22 February 2015

Mengetahui Sejarah Linux

Pada pengetahuan sejarah Linux kali ini penulis akan membahas sejarah Linux secara umum, tidak membahas sejarah distro-distro Linux seperti, sejarah Linux Ubuntu / sejarah Linux Mint dan sejarah distro-distro linux lainnya yang banyak jenisnya. Adakah yang tahu siapa pertama kali yang membuat sistem operasi Linux ?


Sistem operasi Linux pertama kali dikembangkan berdasarkan dari hobi Linus Torvalds, seorang mahasiswa di Universitas Helsinki di Negara Finlandia Sob. Setelah itu Linux dikembangkan dengan banyak bantuan programmer dan hacker yang menginginkan sistem operasi open source sampailah seperti sekarang sob.

Untuk membuat sistem operasi linux, Linus Torvalds terinspirasi dari Mimix. Mimix sendiri adalah sebuah sistem UNIX yang dikembangkan oleh Andrew S. Tanenhaum seorang profesor yang mendalami dalam penelitian masalah OS dari Vrije Universiteit, Belanda.

Ketika mempelajari dan menggunakan sistem operasi mini yang berbasis UNIX yang memiliki nama Mimix tersebut, Linus merasa bahwa sistem operasi Mimix memiliki banyak kelemahan dan ia akan membuat sistem operasi yang lebih baik dibandingkan Mimix.

Akhirnya Linus mengotak-atik kernel Minix dan menjalankannya pada mesin Intel x86. Setelah mengotak-atik kernel Minix tersebut, Linus mengumumkan kehadiran Linux versi 0.01sekitar bulan Agustus 1991. Pada Tanggal 05 Oktober 1991, Linus mengumumkan kehadiran versi Linux 0.02 yang hanya dapat dijalankan dengan bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler).

Bagaimana susahnya menggunakan sistem operasi Linux kalau hanya bisa dilakukan lewat bash dan gcc, tentu akan sangat mengerikan bagi pengguna komputer awan yang tidak paham rumitnya menuliskan perintah-perintah di komputer.

Berkat kerjasama komunitas Linux, akhirnya sekarang pun banyak terdapat distro-distro linux yang dapat dipilih oleh pengguna Linux. Kalau bertanya distro Linux apa yang paling baik ? tentu masing-masing individu memiliki pilihan masing-masing. Apapun distro Linux yang dipakai yang penting menggunakan software open source sehingga tidak melanggar HAKI. Benar ga sob ?

No comments:

Post a Comment