Saturday 21 February 2015

Mengenal Sistem Operasi Linux

Sebelum posting software-software gratis untuk Linux, mari kita mengenal linux sebagai sistem operasi open source. Linux adalah sistem operasi seperti windows yang didistribusikan oleh microsoft. Inc.

Antara Sistem Operasi Linux dan Windows memiliki kesamaan dan perbedaan. Kesamaan antara linux dan Windows adalah kedua-duanya merupakan sistem operasi yang berjalan pada komputer dan laptop. Seiring perkembangan teknologi keduanya juga mengembangkan sayap ke sistem operasi untuk tablet dan gadget lainnya.

Perbedaan antara Sistem Operasi Linux dan Windows ada pada
lisensi keduanya. Sistem Operasi Linux berlisensi open source yang bebas untuk digunakan siapa saja dan bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan pengguna. Sedangkan Sistem Operasi Windows merupakan sistem operasi Proprietary Lisence, sehingga bagi pengguna yang ingin memanfaatkan sistem operasi Windows harus mengeluarkan dana untuk membeli lisensi windows.

Karena Sistem Operasi Linux berbasi Open Source sebagaimana disebutkan diatas, maka Linux pun bisa dikembangkan oleh siapa saja. Diantara pengembang distribusi Linux yang terkenal diantaranya Mandrake dengan Linux Mandrake & Mandriva, RedHat dengan produk RedHat & Fedora, Suse, Debian, Gentoo, Slackeware, Xandros, Linux Mint dan distribusi-distribusi linux lainnya yang lebih dikenal dengan Distro Linux. 

Seiring berjalannya waktu, banyak distro-distro linux yang bisa dijalankan melalui Linux Live CD. Menjalankan Linux Live CD artinya kita bisa menjalankan dan menggunakan linux lewat Cd tanpa harus menginstall Linux ke komputer terlebih dahulu.

Untuk menjalankan Linux Live CD yang kita butuhkan hanya memasukkan CD Linux, memilih prioritas boot dari CD, restart komputer dan proses Linux Live CD pun akan berjalan. Ketika ada pilihan apakah akan menginstall / Live CD, Pilihlah yang Live CD. Anda sekarang bisa memanfaatkan dan menggunakan Linux secara Live dari CD tanpa install Linux di komputer / Laptop.

Apabila yakin hendak menggunakaan Linux bisa install Linux dan kalau belum yakin tinggal matikan komputer dan Sistem Operasi Linux tidak akan mempengaruhi komputer yang Anda pakai saat ini.

Linux juga bisa diintal dan digunakan bersamaan dengan windows yang biasa dikenal dengan dual booting. Artinya anda bisa menginstall windows dan Linux dalam satu komputer. Untuk pengetahuan bagaimana cara install linux dual boot di Windows akan penulis tulis pada tulisan sendiri.

Itulah sedikit ulasan dan perkenalan mengenai Sistem Operasi Linux sebagai sistem operasi Open Source. Semoga bisa menambah wawasan tentang sistem operasi selain Windows  yang harus mengeluarkan dana untuk mendapatkannya.

No comments:

Post a Comment