Sunday 22 February 2015

Bagaimana Cara Menginstall Linux

Setelah kita mengenal Linux lebih dalam, dilanjutkan tentang sejarah linux dan mengetahui arti logo pinguin pada sistem operasi Linux. Tiba saatnya kita akan belajar bagaimana cara menginstall Linux untuk komputer pribadi maupun untuk Server.

Pada postingan cara install linux kali ini, penulis akan membahas bagaimana cara menginstall linux secara umum. Walaupun diketahui banyak cara untuk menginstall linux diantaranya bisa dengan cara install linux lewat flashdisk apabila tidak ada CD player pada komputer dan cara-cara install linux lebih khusus, bisa jadi akan diposting pada pembahasan khusus sesuai dengan distro linux yang sobat pakai.

Berikut cara instal linux pada komputer lewat CD secara umum :
  1. Apabila akan menginstall linux dual booting dengan Windows, buatlah partisi di windows dengan software partisi kesukaan kalian. Pertama buatlah partisi dengan tipe EXT2 / EXT3 untuk data sistem operasi linux kedua buat partisi untuk swap linux dengan besaran dua x besar ram komputer. Apabila komputer belum terinstall sistem operasi apapun dan akan menjadikan Linux sebagai satu-satunya sistem operasi di komputer, maka langsung saja ke tahan kedua berikut

  2. Masukkan CD distro Linux yang kalian miliki, masuk ke setup komputer, pilih first boot di komputer lewat CD, simpan dan reboot komputer.

  3. Linux akan booting di komputer setelah reboot dan menampilkan opsi instalasi untuk komputer. (Apabila menginstall linux dual booting dengan windows hati-hati jangan sampai salah pilih partisi, karena kalau salah bisa-bisa data menguap tak berbekas nanti he he).

  4. Setelah memastikan kebenaran partisi untuk Linux ikutilah instruksi yang ada di layar komputer, tunggu sampai proses instalasi Linux selesai.

  5. Setelah selesai maka reboot komputer, sekarang Sobat memiliki dua sistem operasi di komputer. Tinggal pilih mau menggunakan sistem operasi linux atau Windows apabila menginstall linux dual booting di windows.

  6. Selamat menikmati pengalaman baru menggunakan Linux sebagai bagian dari hidup Sob.

  7. Apabila software kesukaan kalian belum terinstall secara default cobalah cari di software manager.
Begitulah sobat-sobat sekalian gambaran umum bagaimana cara menginstall Linux pada komputer. Gampang kan ?

No comments:

Post a Comment