Thursday 26 February 2015

10 Keuntungan Menggunakan LibreOffice

Sebelum kita membahan tentang keuntungan-keuntungan menggunakan LibreOffice, mari kita berkenalan terlebih dahulu siapa dibelakang software LibreOffice.

Software LibreOffice dikembangkan oleh The Document Foundation, yang bisa ditelusuri pada halaman documentfoundation.org.

Software LibreOffice dikembangkan berbasis komunitas yang memiliki kecintaan yang sama untuk menjadikan perangkat lunak perkantoran dapat digunakan oleh siapa saja tanpa harus membeli program perangkat lunak Office.

The Document Foundation sebagai pengelola Program gratis libreoffice percaya bahwa para pengguna memiliki kebebasan untuk menjalankan, menyalin, mendistribusikan, mempelajari, mengubah dan meningkatkan perangkat lunak LibreOffice yang didistribusikan.

Apa tujuan dari distribusi diatas adalah untuk tidak memberi kejenjangan digital serta memberdayakan komunitas, menghindari software proprietary dengan format khusus yang dikunci yang tidak bisa dibuka dengan program lainnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka perangkat lunak LibreOffice memberikan akses tanpa batas kepada penggunanya, termasuk bagi mereka yang ingin mengetahui sourcee code libreoffice apabila ingin meningkatkan performa LibreOffice.

Mendorong komunitas LibreOffice untuk mengembangkannya dalam bahasa ibu mereka sendiri, sehingga LibreOffice mudah dipahami walaupun mereka tidak memahami bahasa internasional.

Sebagai organisasi yang menaungi pengembangan LibreOffice, The Document Foundation terlibat aktif mempromosikan dan berpartisipasi dalam menciptakan standar terbuka. Oke jelas semuanya mana keuntungan menggunakan LibreOfficenya ?
  1. Keuntungan yang pertama tentu saja kita terbebas dari pembajakan, karena LibreOffice sendiri merupakan software dibawah lisensi GNU General Public Lisence. Sehingga ketika menggunakannya kalian tidak perlu takut sebagaimana mereka yang menggunakan software pengolah dokumen bajakan.

  2. Mudah untuk membuka format dokumen dari software office proprietary dari pengguna yang menggunakan perangkat office berbayar dan berlisensi tanpa harus membeli perangkat lunak sebagaimana mereka.

  3. Perilisan versi terbaru mempertimbangkan keberadaan versi lama, sehingga dokumen yang dibuat menggunakan versi terdahulu masih dapat dibuka menggunakan LibreOffice terbaru dengan mudah.

  4. Kestabilan perangkat lunak LibreOffice dapat diandalkan, artinya program tersebut dapat berjalan tanpa mengalami crash ketika digunakan.

  5. Apabila Sobat seorang desainer web yang sering menggunakan program java dalam aktifitas harian, LibreOffice juga mendukung dan kompatibel dengan arsitektur java.

  6. Dalam satu program terdapat berbagai macam aplikasi. Artinya dalam satu software LibreOffice gratis tersebut terdapat Aplikasi pengolah kata = LibreOffice Writer, Aplikasi pengolah angka = LibreOffice Calc, Aplikasi untuk membuat presentasi = LibreOffice Impress, Aplikasi pengolah database = LibreOffice Base, Aplikasi pengolah gambar = LibreOffice Drawing.

  7. Bagi yang suka membagikan ebook gratis dalam format pdf, kalian juga dapat langsung menkonversi dokumen kalian ke dalam format pdf secara gratis.

  8. Terdapat versi LibreOffice Portable yang dapat dibawa kemana-mana dan dibuka dimana saja tanpa harus menginstall di komputer terlebih dahulu.

  9. Karena berlisensi bebas, sehingga kalian bebas untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Apabila memiliki skill dan kemampuan untuk oprek kode kalian dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan dan keinginan kalian.

  10. Walaupun berlisensi GNU general public license, The Document Foundation juga terdapat versi untuk windows, apakah kalian mendapatkan hal sebaliknya dari software jenis ini ?
Itulah 10 keuntungan menggunakan LibreOffice yang bisa dibagikan untuk sobat-sobat pencinta download software gratis untuk linux. Masih ingin menambahkan kelebihan menggunakan software LibreOffice ? jangan ragu untuk menuliskannya pada komentar sobat.

Mana link download software LibreOffice ? hampir kelupaan Sob. Bahwa rilis stabil versi terbaru LibreOffice 4.4.1 dapat kalian unduh melalui link berikut :

http://www.libreoffice.org/download/libreoffice-fresh/

No comments:

Post a Comment