Saturday 21 February 2015

10 Alasan Mengapa Memilih Sistem Operasi Linux

Saya sudah nyaman menggunakan software berbayar selama ini, mengapa saya harus harus mengganti sistem operasi komputer saya ? Sebelum kita membahas 10 alasan memilih sistem operasi Linux mari kita membayangkan hal-hal yang membuat kita kesal dan jengkel. Anda telah mengeurung dalam kamar berminggu-minggu untuk menulis sebuah novel yang hendak Anda terbitkan 6 bulan mendatang.

Setelah empat bulan novel selesai anda tulis dan hendak Anda bawa ke penerbit agar diterbitkan. Apa harapan Anda ketika membawa novel ke penerbit ? Mendapatkan royalti bukan ?

Namun musibah menimpa Anda laptop yang dipakai untuk menulis novel dicuri dan setelah beberapa bulan terbit novel Anda dengan penulis orang berbeda. Bagaimana perasaan Anda ?

Begitulah kira-kira apa yang pembuat software berbayar rasakan ketika aplikasi yang dibuat dengan menghabiskan waktu berbulan-bulan dengan enaknya dibajak oleh orang lain. Ketika kita memilih sistem operasi Linux kita tidak menjadi orang jahat dalam cerita diatas. Lalu apa saja 10 alasan memilih Linux sebagai sistem operasi ?


  1. Alasan pertama memilih Sistem Operasi Linux karena Linux berlisensi GNU dari Free Software Foundation. Definisi Free Software menurut Free Software Foundation adalah sebuah bentuk kebebasan pengguna untuk memakai, mengkopi, mendistribusikan, mempelajari, mengubah ataupun meningkatkan kualitas program, bebas mempelajari, dan mengadaptasi sesuai kebutuhan. Bebas meningkatkan kualitas program dan mendistribusikannya.

    Dalam GNU terdapat dua lisensi yaitu copy-left yang artinya siapapun yang mendistribusikan ulang program, baik dengan atau tanpa perubahan harus memberikan kebebasan juga untuk didistribusikan lagi /diubah. Lisensi Copy-Left menjamin setiap pengguna memiliki kebabasan.

    Lisensi yang kedua adalah Non Copy-Left artinya siapapun yang mendistribusikan/ mengubah harus mendapat ijin dari si empu program.

  2. Alasan ke dua memilih Linux sebagai operating system adalah perkembangan GUI linux yang lebih baik, sehingga lebih bersahabat bagi pengguna awam Linux sekalipun.

  3. Alasan ke tiga memilih Linux karena Linux juga kompatibel dengan hardware-hardware baru seperti bluetooth, flashdisk. Ketika Anda mencolokkan flashdisk ke Disto Linux Mint langsung terdeteksi seperti di Windows tanpa pusing masuk ke terminal contohnya.

  4. Alasan ke empat memilih Linux karena Software-software sejenis untuk windows juga ada untuk versi linux, sehingga tidak takut kalau tidak mendapatkan software alternatif. Sebagai contoh untuk microsoft office ada alternatifnya di linux yang bebas yaitu Libre Office yang digunakan sebagai default office di Linux Mint.

  5. Alasan ke lima menjadikan linux sebagai sistem operasi adalah karena Linux bisa disandingkan dengan sistem operasi lainnya yang disebut Dual Booting. Sehingga apabila pengguna windows belum siap sepenuhnya migrasi ke Linux bisa menggunakan sistem operasi Windows dan Linux dalam satu komputer.

  6. Alasan ke enam memilih Linux karena Linux memiliki hak akses yang ketat sehingga lebih sulit ditembus oleh malware.

  7. Alasan Ke tujuh memilih Linux karena Linux mampu berinteraksi dengan sistem operasi lain melalui kompatibilitas file dan filesystem, kompatibilitas netword, dan emulasi sistem operasi.

  8. Alasan ke delapan memilih sistem operasi berbasis Linux karena support dari komunitas internet. Untuk bantuan dan support Linux kita dapat bergabung pada situs-situs forum Linux sesuai distro yang kita gunakan.

  9. Alasan ke sembilan, Linux dan open source software lainnya menggunakan format-format file terbuka yang sesuai dengan standar industri yang luas. Hal ini berbeda dengan file dari software berbayar.

  10. Alasan ke sepuluh memilih sistem operasi berbasis linux karena kestabilan dan kehandalannya, sehingga jarang crash dan bug-bug segera diketahui apabila ada celah pada sistem operasi Linux.
Itulah sepuluh alasan mengapa menjadikan linux sebagai sistem operasi pilihan bagi penulis. Apa yang menjadikanmu memilih sistem operasi Linux ?

No comments:

Post a Comment